METODE PENGAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PENDIDIKAN DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas metode pengajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tingkat pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok tunggal. Sampel penelitian terdiri dari 200 siswa dari empat sekolah dasar yang dipilih secara acak. Kelompok eksperimen menerima instruksi menggunakan metode pengajaran inovatif yang melibatkan pendekatan berbasis proyek dan penggunaan teknologi pendidikan, sementara kelompok kontrol menerima pengajaran konvensional. Keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mencapai peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berpikir kritis dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pengajaran inovatif efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pendidikan dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: metode pengajaran inovatif, keterampilan berpikir kritis, pendidikan dasar, pendekatan berbasis proyek, teknologi pendidikan.