MENILAI DAMPAK PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

  • Intan Afriaty Universitas syiah Kuala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendidikan inklusif terhadap prestasi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis komparatif antara kelompok siswa dengan kebutuhan khusus yang mengikuti pendidikan inklusif dan kelompok siswa yang mengikuti pendidikan konvensional. Data prestasi akademik yang terdiri dari nilai tes dan rapor siswa dikumpulkan dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pendidikan inklusif memiliki prestasi akademik yang setara atau bahkan melebihi siswa yang mengikuti pendidikan konvensional. Mereka menunjukkan kemajuan dalam berbagai mata pelajaran dan menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan belajar yang inklusif. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa dengan kebutuhan khusus yang mendapatkan dukungan dan pelayanan yang tepat dalam lingkungan inklusif cenderung merasa lebih termotivasi dan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan inklusif memiliki dampak positif terhadap prestasi akademik siswa. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan inklusif dapat mendukung perkembangan dan pencapaian akademik siswa dengan kebutuhan khusus secara efektif. Dengan demikian, pendidikan inklusif perlu ditingkatkan dan diperluas dalam sistem pendidikan untuk memastikan bahwa semua siswa dapat meraih prestasi akademik yang maksimal.

Published
2024-08-10
How to Cite
Intan Afriaty. (2024). MENILAI DAMPAK PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP PRESTASI AKADEMIK. EduInovatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 21-30. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/EduInovatif/article/view/89