INTERAKSI MANUSIA-KOMPUTER DALAM LINGKUNGAN REALITAS VIRTUAL TANTANGAN DAN PELUANG

  • Amsru Sujud MAN Model Banda Aceh
Keywords: Interaksi manusia-komputer, Lingkungan realitas virtual, Tantangan, Peluang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang dalam interaksi manusia-komputer (IMK) dalam lingkungan realitas virtual (VR). Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei dan analisis kualitatif terhadap literatur terkait pada topik ini. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak tantangan yang harus diatasi dalam interaksi manusia-komputer dalam lingkungan realitas virtual, termasuk masalah teknis seperti keterbatasan perangkat keras dan perangkat lunak, serta isu ergonomi yang mempengaruhi kenyamanan serta kualitas pengalaman pengguna. Selain itu, tantangan lainnya meliputi masalah security dan privasi, serta perubahan sosial dan psikologis yang mungkin muncul dari penggunaan yang luas dari realitas virtual. Namun, dalam tantangan tersebut juga terdapat peluang yang signifikan. Dengan pengembangan teknologi yang terus berlanjut, ada potensi untuk mengatasi hambatan teknis yang ada dan meningkatkan daya tarik dan realisme lingkungan VR. Peluang lainnya adalah pemanfaatan VR dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, pelatihan, simulasi, desain produk, dan hiburan. Kesimpulannya, interaksi manusia-komputer dalam lingkungan realitas virtual memiliki tantangan yang signifikan dalam hal teknis, ergonomi, keamanan, privasi, serta perubahan sosial dan psikologis. Meskipun demikian, peluang yang ditawarkan oleh VR sangat besar dengan kemampuan untuk menciptakan pengalaman baru dan memperluas aplikasi di berbagai bidang. Oleh karena itu, sebagai pengembang dan pemangku kepentingan di bidang ini, penting untuk terus memperbaiki teknologi VR serta mempertimbangkan dampak sosial dan psikologis dalam menghadapi masa depan interaksi manusia-komputer dalam lingkungan realitas virtual.

Published
2024-08-10
How to Cite
Amsru Sujud. (2024). INTERAKSI MANUSIA-KOMPUTER DALAM LINGKUNGAN REALITAS VIRTUAL TANTANGAN DAN PELUANG. GuardKom: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komputer, 1(1), 31-40. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/GuardKom/article/view/100