PENDEKATAN “COLLA-COOP” UNTUK MENYUSUN ADMINISTRASI PBM GURU SDLB BINAAN DI KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2019

  • Syarifah Nurmasyithah
Keywords: Kemampuan Guru, Administrasi, PBM, “Colla-Coop

Abstract

Pembinaan guru oleh pengawas sekolah merupakan upaya meningkatkan kompetensi guru di dalam menyusun administrasi proses pembelajaran. Pengembangan profesional guru dituntut untuk mampu menghasilkan out put pendidikan yang unggul, dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang unggul dan kondusif. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan “Colla-Coop” untuk mengatasi masalah pembinaan Guru dalam menyusun administrasi PBM guru di SDLB Kabupaten Aceh Besar pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penulisan Best Practices ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Subjek dalam penulisan ini adalah semua guru yang ada di SDLB Negeri Kota Jantho berjumlah 8 orang dan guru SDLB Pembina yang berjumlah 8 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil menunjukkan: Kemampuan guru dalam menyusun administrasi perencanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan “Colla-Coop”. Pada temu awal guru belum menusun administrasi proses belajar mengajar dengan baik, setelah pembimbingan dan kerjasama dalam kelompok, nilai awal 1,52 (50 %) yang tergolong belum baik. Setelah pendampingan dan kerja sama dalam kelompok terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik lagi yaitu yang tergolong cukup baik. Pada minggu ke II sudah mencapai 75% dan bimbingan minggu ke III mencapai 100%. Hasil Kemampuan guru dalam menyusun administrasi PBM dengan pendekatan “Colla-Coop” signifikan lebih meningkat pada guru binaan SDLB wilayah Kabuapaten Aceh Besar.

Published
2020-04-23
How to Cite
Syarifah Nurmasyithah. (2020). PENDEKATAN “COLLA-COOP” UNTUK MENYUSUN ADMINISTRASI PBM GURU SDLB BINAAN DI KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2019. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(1), 73-77. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/13
Section
Articles