PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X-MIA SEMESTER GANJIL SMAN 1 LHOKNGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Ety Erawati
Keywords: Penerapan Problem Based Instruction, Nilai Siswa, kinematika GLB

Abstract

Penerapan Problem Based Instruction pada pelajaran fisika merupakan usaha guru dalam memperbaiki nilai belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui penerapan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan nilai siswa dalam mempelajari materi kinematika GLB kelas X-MIA di SMAN 1 Lhoknga Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X--MIA berjumlah 23 orang siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan sistim II siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada siklus I, hasil belajar kognitif (postes siklus I) meningkat menjadi 69,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Pada siklus II, hasil belajar kognitif (postes siklus II) juga mengalami peningkatan menjadi 76,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%. Ini berarti pada siklus II, 87,5% siswa mendapat nilai tes minimal 65, sehingga secara klasikal hasil belajar kognitif telah tuntas. Pada siklus II, hasil belajar afektif mengalami peningkatan menjadi 77,66 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.

Published
2020-04-23
How to Cite
Ety Erawati. (2020). PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X-MIA SEMESTER GANJIL SMAN 1 LHOKNGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(1), 78-82. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/14
Section
Articles