PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASIKAN SUDUT KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Nurjannah
Keywords: Model Cooperative Script, Nilai Siswa, Sudut

Abstract

Penerapan model pembelajaran cooperative script merupakan strategi yang digunakan guru dalam menigkatkan motivasi belajar dalam memperbaiki prestasi belajar siswa dan meningkatkan nilai belajar siswa. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model cooperative script dapat meningkatkan nilai matematik pada materi mengindentifikasikan sudut pada siswa kelas XI-IPS SMAN 1 Mesjid Raya tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IPS. berjumlah 21 orang siswa dan menerapkan kopetensi dasar 10.1 mengidentifikasikan sudut di semester genap. Prosedur penelitian tindakan kelas ini yaitu menerapkan II siklus yaitu di awali dengan perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keadaan awal menunjukkan bahwa aspek afektif nilai 20,00 % aspek kognetif nilai 20,00 % dan psikomotor nilai 20,00%, 2) Siklus I pertemuan 1, nilai Afektif 58,94 nilai kognetif 58,11 dan nilai psikomotor 58,44 Nilai ketuntasan secara kalsikal mencapai 58,49 % dan pertemuan 2 afektif 61,27, kognetif mencapai 64,08 psikomotor 64,50. Hasil persentase ketuntasan secara klasikal mencapai nilai 63, 28 % dan 3) Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata aspek afektif 70,55 aspek kognetif 70,61 dan aspek psikomotorik 72,63 nilai ketuntasan mencapai 72,63% sedangkan pertemuan ke 2 nilai rata-rata pada aspek afektif 72,64 kognetif mencapai 79,38 dan aspek psikomotor 79,55. nilai ketuntasan secara klasikal telah mencapai 88,94%.

Published
2020-04-23
How to Cite
Nurjannah. (2020). PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASIKAN SUDUT KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(1), 98-104. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/17
Section
Articles