PERANCANGAN ANIMASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER (STUDI KASUS TPA URWATUL WUSQA)
Abstract
Proses belajar mengajar yang diterapkan di TPA Urwatul Wusqa masih menggunakan metode manual dengan memanfaatkan buku dan papan tulis sebagai medianya serta juga digunakan metode Master dalam proses pembelajaran. Kurangnya fasilitas dalam proses belajar mengajar dimana hanya memanfaatkan metode belajar Master serta kurangnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang hanya memanfaatkan buku atau papan tulis dan tidak mengikuti trend tekonologi masa kini dapat menyebabkan anak-anak menjadi cepat jenuh dalam belajar Al-Qur’an serta juga dapat menurunkan minat belajar anak-anak dalam mengenal huruf-hruf Hijaiyah. Pengaruh teknologi memberikan dampak yang sangat kuat terhadap minat belajar anak-anak maupun remaja bahkan orang dewasa malas belajar tentang Agama Islam terutama dalam hal pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, yang semakin hari semakin jauh dari umat islam itu sendiri. Untuk menunjang adanya pembelajaran Huruf Hijaiyah yang menarik bagi anak-anak diperlukan metode yang unik dan desain dalam penyampaiannya. Salah satunya diciptakan sebuah animasi islami yang mampu mengasah otak anak untuk belajar mengenal Huruf Hijaiyah. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk merancang sebuah animasi menggunakan aplikasi blender sebagai media pengenalan huruf hijaiyah bagi anak usia dini 3-4 tahun dan mengimplementasikan animasi pengenalan huruf hijaiyah menggunakan aplikasi blender dikalangan anak usia dini 3-4 tahun. Berdasarkan uraian diatas, maka tidak optimalnya pembelajaran pengenalan huruf Hijaiyah di TPA Urwatul Wusqa dapat diselesaikan dengan menggunakan sebuah animasi. Animasi yang penulis maksud adalah animasi pengenalan huruf Hijaiyah menggunakan aplikasi Blender. Animasi ini layak untuk diterapkan sebagai media pengenalan huruf Hijaiyah serta juga dapat mengurangi kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran di TPA Urwatul Wusqa.