PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Muhammad Nasir
Keywords: Model Pembelajaran, Berbasis Masalah

Abstract

Dalam mempelajari sesuatu dengan baik, maka perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Selain itu seorang siswa perlu mengerjakannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Mesjid Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63,6%), siklus II (77,3%), siklus III (90,9%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan prestasi dan penguasaan materi fisika dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI MIA 1 SMAN 1 Mesjid Raya Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2021-02-25
How to Cite
Muhammad Nasir. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 3(1), 7-14. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/35
Section
Articles