PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA SISWA KELAS XI MIA 1 SMAN 1 MESJID RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Dalam mempelajari sesuatu dengan baik, maka perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Selain itu seorang siswa perlu mengerjakannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Mesjid Raya Tahun Pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63,6%), siklus II (77,3%), siklus III (90,9%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan prestasi dan penguasaan materi fisika dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI MIA 1 SMAN 1 Mesjid Raya Tahun Pelajaran 2019/2020.