MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERMAINAN ATLETIK LARI ESTAFET MELALUI METODE PRAKTIK
Abstract
Pendidikan jasmani siswa akan memperoleh berbagai pengalaman terutama yang sangat
erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan, berbagai ungkapan yang
kreatif, inovatif, keterampilan gerak, pola makan sehat, membiasakan hidup sehat,
pengetahuan dan pemahaman. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permainan Atletik lari estafet melalui
metode Praktik. Penelitian ini dilaksanakan pada SMAN 1 Darussalam tahun Pelajaran
2020/2021. Sumber data berasal dari siswa kelas X-IPA. Alat pengumpulan data berupa
butir soal tes dan lembar instrumen aktivitas murid. Validasi data yang diperlukan dalam
penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Data Primer terdiri
dari observasi aktivitas siswa, dan data sekunder terdiri dari nilai hasil belajar siswa yang
diperoleh dari tes hasil belajar. Analisa data menggunakan metode statistik deskriptif
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar
siswa. Hasil tindakan pada siklus I pertemuan 1 aspek afektif C aspek kognetif dengan
rata-rata 64,58 dan aspek psikomotor dengan rata-rata 65,00. Nilai ketuntasan secara
klasikal mencapai 58,33%. Hasil pengamatan pada siklus II pertemuan 1 menunjukkan
bahwa nilai ketuntasan mencapai 83,33% ,sedangkan nilai rata-rata pengamatan pada
aspek afektif mencapai B. Aspek kognetif 77,66 dan aspek psikomotorik mencapai 77,5.
Sedangkan pada siklus II pertemuan 2 mencapai 100% nilai ini telah mencapai indikator
< 75%.
References
Akbar. (2007), Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara. Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Depdiknas, (2003), Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SMA/MA, Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, (2003), Undang-Undang R.I Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas.
J. Mata, Kupan. (2002), Teori Bermain, Jakarta : Universitas Terbuka.
Ngalim Purwanto. M, (2003), Ilmu Pendidikan Teori dan Praktik, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2005), Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Russeffendi. (1988). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran . Bandung, Tarsito.
Slavin, (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia Widiasarana
Udin, Winata Putra. (1994). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka
Wahjoedi (1999), Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.