SISTEM PENJUALAN ONLINE DENGAN STRATEGI PEMASARAN CROSS SELLING

  • Maimun STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Tarmizi STMIK Indonesia Banda Aceh
Keywords: Sistem, Informasi, Penjualan, E-commerce

Abstract

Alur transaksi pemesanan barang pada Anugerah Elektronik cukup sederhana, pelanggan harus login terlebih dahulu di Facebook untuk dapat melihat produk-produk Anugerah Elektronik di katalog album gallery Facebook akun Anugerah Elektronik. pemesanan barang dapat di kirimkan melalui inbox Facebook akun Anugerah Elektronik, atau dengan cara chating ke Facebook chat atau Yahoo Messenger nya, setelah itu permintaan barang pelanggan akan di cek pihak Anugerah Elektronik untuk melihat ketersediaan barang, jika persediaan barang habis maka pihak Anugerah Elektronik akan memberitahukan pelanggan bahwa persediaan barang telah habis atau mengkonfirmasi kembali lewat Facebook chat atau Yahoo Messenger, sedangkan saat barang masih tersedia pihak Anugerah Elektronik akan merespon permintaan pelanggan tersebut dan mengirim sejumlah nominal harga yang terdiri dari harga barang serta ongkos kirim, pihak Anugerah Elektronik juga mengirimkan nomor rekening bank nya kepada pelanggan yang sedang memesan barang, kemudian pelanggan akan mentransfer sejumlah uang ke rekening pihak Anugerah Elektronik, transaksi pembayaran dilakukan secara offline payment yaitu melalui transfer bank atau ATM(anjungan tunai mandiri), jika hal itu tidak di penuhi dalam waktu 1 sampai 2 hari maka transaksi dianggap batal, namun apabila transfer telah dilakukan, pihak pelanggan harus mengirim sebuah sms konfirmasi apabila transfer pembayaran telah dilakukan, setelah itu pihak Anugerah Elektronik mengecek transaksi pembayaran di rekeningnya, setelah pembayaran usai diterima,pihak Anugerah Elektronik langsung mengirim barang pesanan pelanggan tersebut ke alamat pelanggan melalui pihak jasa pengiriman barang, pemilihan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang Anugerah Elektronik ditangani oleh Jasa angkutan dalam kota, POS Indonesia dan JNE.

Published
2020-08-31
How to Cite
Maimun, & Tarmizi. (2020). SISTEM PENJUALAN ONLINE DENGAN STRATEGI PEMASARAN CROSS SELLING. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(2), 62-69. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/28
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)