MODEL MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLANDED LEARNING BERBASIS MOBILE

  • Riyan Maulana STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Daiyul Ma’ruf STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Tarmizi STMIK Indonesia Banda Aceh
Keywords: Pembelajaran, blended learning, revolusi industri 4.0, mobile, aplikasi

Abstract

Perkembangan teknologi pada era revolusi industri 4.0 menuntut seseorang pendidik untuk berinovasi dalam mengemas proses belajar mengajar agar lebih efisien dan menarik. Proses pembelajaran harus mengutamakan skills. Media Pembelajaran di dituntut harus menekankan aspek-aspek kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi. Pembelajaran harus kreatif dan inovatif. Blended Learning bisa menjadi salah satu alternatif dan strategi yang efektif khususnya untuk mengajarkan matematika di perguruan tinggi. Sebuah inovasi pembelajaran matematika dengan tujuan utamanya memberikan kesempatan bagi berbagai karakteristik agar terjadi proses belajar mandiri, berkelanjutan, belajar sepanjang hayat sehingga belajar akan menjadi efektif, lebih efisien, menarik dan menyenangkan. Rancangannya dilandasi teori belajar Behaviorisme dan Konstruktivistik kognitif dengan sfesifikasi komponen-komponennya, meliputi: 1) capaian pembelajaran, 2) peta organisasi materi, 3) daftar refrensi, 4) materi/bahan ajar, 5) aktivitas pembelajaran sinkron dan asinkron, rancangan pembelajaran asinkron, 6) rancangan pembelajaran sinkron, 7) rancang bangun pembelajaran sinkron, dan 8) alur pembelajaran sinkron.

Published
2020-08-31
How to Cite
Riyan Maulana, Daiyul Ma’ruf, & Tarmizi. (2020). MODEL MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLANDED LEARNING BERBASIS MOBILE. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(2), 54-61. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/27
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>