MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR
Abstract
Penelitian ini berkaitan tentang peningkatan Kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar (Sebuah Experimental Study di SMP Negeri 1 Salang, Simeulue). Gambar digunakan sebagai media dalam proses pengajaran. Penelitian ini difokuskan pada hal- hal berikut: 1).Bagaimana guru meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar? dan 2) apa tanggapan siswa terhadap penggunaan gambar dalam meningkatkan kosa kata mereka? Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan total sampel 27 siswa baik untuk sampel pre-Test dan sampel pada kelas post testnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan sejak 4 November, 2019 dan selesai pada tanggal 8 November 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus-T untuk mengetahui Skor-t. Skor pre-Test dan post-test dapat menjadi bukti adanya peningkatan setelah melakukan penelitian ini. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan 5% (0,05) level Alfa (α) signifikansi. Jumlah siswa dalam studi ini adalah 27. Level kebebasan (DF) adalah n-1 = 27-1 = 26. Untuk 5% level Alfa dan 27 level kebebasan, tidak ada nilai yang tepat pada tabel distribusi, namun kita dapat mencari untuk mendapatkan nilai yang paling dekat dari Skor kritis di tabel distrtibusi. Peneliti mendapat nilai t-Scorenya 16,15, sehingga nilai t lebih tinggi dari Skor kritis di tabel distribusi (t = 16.15 > t tabel = 2,035) sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan gambar untuk kelas eksperimental terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan tanpa gambar dalam mengajar Kosakata Bahasa Inggris. Ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Keyword: mengajar reading, gambar, kosa kata