MENGAJAR LISTENING MENGGUNAKAN VIDEO KARTUN DAN TPR UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Riyan Maulana STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Rahmad Muliana
Keywords: TPR Metode Mengajar Listening dan Video Kartun

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan Kartun Video Bahasa inggris yang diombinasikan dengan teknik Total Physical Response (TPR) dalam mengajar listening. Total Physical Response adalah metode pengajaran bahasa yang pratekkan berkonsep koordinasi ucapan dan tindakan. Penelitian ini difokuskan pada beberapa hal berikut sperti: a. bagaimana penggunaan bahasa inggris kartun video melalui Total Physical Response dapat meningkatkan prestasi siswa dalam Listenning bahasa inggris. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas VIIB dengan total sampel sebanyak 26 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan pada taggal 4 November, 2019 dan selesai pada 8 November 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dari tes dianalisis menggunakan Uji -T untuk mengetahui nilai T nya. Skor dari pre-test dan post-test dapat menjadi bukti apakah ada peningkatan terhadap nilai mereka setelah melakukan penelitian. Pada percobaan ini, penulis menggunakan tingkat nilai level signifikansi 5% (0.05) alpha seperti yang biasanya digunakan dalam psikologis dan pada penelitian pendidikan pada umumnya. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 34. Derajat kebebasan (df) sebagai berikut n-1= 26-1=25. Nilai T-tabel untuk 25 adalah 2.05954. Diperoleh nilai t= 7.15, sehingga t-value lebih tinggi dari nilai kritis pada tabel (t=7.15> t tabel = 2.05954).

Kata kunci: TPR Metode Mengajar Listening dan Video Kartun.

Published
2020-03-25
How to Cite
Riyan Maulana, & Rahmad Muliana. (2020). MENGAJAR LISTENING MENGGUNAKAN VIDEO KARTUN DAN TPR UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(1), 22-40. Retrieved from https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/9
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>