PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID

  • Muliadi UIN Ar- Raniy Banda Aceh
  • Riyan Maulana STMIK Indonesia Banda Aceh
  • Dedi Saputra STMIK Indonesia Banda Aceh
Keywords: pengembangan, video pembelajaran, ilmu tajwid

Abstract

Dengan berjalannya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan media pendidikan, khususnya pada pembelajaran ilmu tajwid media video sebagai pembelajaran sudah merupakan tuntutan yang mendesak. Hal ini disebabkan sifat pembelajaran yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk: Menghasilkan video pembelajaran pada mata pelajaran ilmu tajwid dan mengetahui kelayakan media video sebagai pembelajaran pada mata pelajaran ilmu tajwid; Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan video pembelajaran ilmu tajwid. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode milik Allesi and Trollip, yang meliputi 3 langkah pengembangan, yaitu (1) planning : menentukan kebutuhan dan tujuan, mengumpulkan sumber, dan menghasilkan gagasan. (2) design :membuat flowchart, membuat storyboard, dan mempersiapkan skrip. (3) development :memproduksi video dan audio, memprogram materi, menyiapkan komponen pendukung, mengevaluasi dan merevisi.

References

Alessi & Trollip. Stephen M. Alessi & Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia forLearningMethod And Development. Massachusetts: Alin and Bacon.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Sudjana,

Nana dan Ahmad Rivai. (2011.). Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arief S Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Published
2022-02-17
How to Cite
Muliadi, Riyan Maulana, & Dedi Saputra. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID. Journal Informatic, Education and Management (JIEM), 4(1), 1-7. https://doi.org/10.61992/jiem.v4i1.40
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>