PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID KAMUS JARINGAN KOMPUTER DI SMA N 2 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak Kamus Jaringan. Kamus Jaringan merupakan aplikasi kamus berbasis android sebagai media bantu belajar siswa SMK 1 Maarif Wates. Penelitian ini fokus pada proses perancangan sistem dan pengujian unjuk kerja sistem perangkat lunak pada aspek functionality, efficiency, usability dan portability. Perangkat lunak hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa SMK 1 Maarif Wates kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan untuk memahami materi Jaringan komputer. Proses rekayasa perangkat lunak ini menggunakan waterfall process model sebagai model proses pengembangan perangkat lunak. Tahapan pengujian pada penelitian ini dilakukan dalam rangka melakukan verification and validation (V&V) pada perangkat lunak. Proses verification perangkat lunak dilakukan dengan pengujian white box testing yang dilakukan dengan metode basis path testing. Proses validation dilakukan dengan black box testing, alpha testing dan uji materi.Berdasarkan hasil penelitian pada perangkat lunak yang dikembangkan menunjukkan hasil : 1) perancangan Aplikasi android kamus Jaringan sebagai media bantu belajar siswa SMK Maarif 1 Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan telah melalui serangkaian proses rekayasa perangkat lunak dari desain hingga pengujian telah sesuai dengan spesifikasi; 2) unjuk kerja dari Aplikasi android kamus Jaringan sebagai media bantu belajar siswa SMK Maarif 1 Wates Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan secara keseluruhan masuk dalam kategori “sangat layak” dengan rincian hasil uji per faktor : functionality 85.30%, efficiency 82.80%, usability 86.00% dan portability 100%.
References
Abdul Chaer.(2007). Linguistik Umum.Jakarta:PT.Rineka Cipta. Abran, A., et al (2003). ISO-Based Models to Measure Software Product Quality. http://s3.amazoneaws.com/publicationslist.org/data/a.abran/ref2273/109 6.pdf . Pada tanggal 25 Juni 2017, Jam 20.09 WIB
Bassil, Youssef.(2011). A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology.
David, Assaf Ben.(2011). Mobile Application Testing. Amdocs. B.S, Kusno. (1990). Problematika Bahasa Indonesia (Sebuah Analisis Praktis Bahasa
Baku). Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Developers, Android. (2014). Dashboards: Platform Version. Diakses dari https://developer.android.com/about/dashboards/index.html.Pada tanggal 04 Mei 2015, Jam 07.46 WIB.
Dodit Supriyanto & Rini Agustina.(2012).Pemrograman AplikasiAndroid. Yogyakarta: MediaKom ISO/EIC 9126.(1996). Information Technology – Software Product Evaluation –
Quality Characteristics and Guidelines for Their Use. International Standard
Janner Simamarta.(2006).Aplikasi Mobile Commerce menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.
JD. Latuheru.(1988). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa Kini. Jakarta Depdikbud Dirjen PT. Proyek Pengembangan LPTK.
Muhammad Munir. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Pressman, Roger S.(2002). Rekayasa Perangkat Lunak:Pendekatan Praktisi (Buku I). Penerjemah: LN. Harnaningrum.Yogyakarta : Andi
Ramlan. M. (2009).Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta : CV.Karyono.
Riduwan & Sunarto. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung : Alfabeta
Romi Satrio W. (2006). Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari http://romi- satriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pem belajaran/ pada tanggal 07 Juni 2017 pada jam 19.46 WIB.
Rosa & M, Shalahuddin. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak(Terstruktur dan Beriorientasi Objek). Bandung : Modula
Supriyanto, Aji. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.
Yuni Sugiarti. (2013). Analisis dan Perancangan UML. Yogyakarta : Graha Ilmu.